Alessandro Trabucco Wajib Dipantau

Posted: Agustus 6, 2010 in Bola dunia, Liga Indonesia

Alessandro Trabucco - AC Cesena - Garuda Merah vs. Garuda  Putih (GOAL.com/Donny Afroni)

Alessandro ‘Ale’ Trabucco bukan seorang pemain dari keluarga berada. Kampung ibunya yang bernama lengkap I Gusti Ayu Ketut Kusumawati terletak di sebuah desa di Tabanan, Bali.

Kisah pertemuan kedua orangtua Alessandro terbilang unik. Suatu ketika, seorang pegawai swasta di bidang perhotelan yang bernama Massimiliano Trabucco hendak melakukan perjalanan ke Australia. Akibat masalah teknis, pesawatnya terpaksa mendarat di Bali. Dari situlah Maxi – demikian sapaan akrab sang ayah – bertemu dengan Ayu. Singkat cerita, terjadilah peristiwa love at first sight di sebuah bar yang kemudian berlanjut ke jenjang pernikahan. Buah hati Maxi dan Ayu pun lahir pada 25 Juli 1994 di Denpasar.

Memang, Maxi adalah seorang bule yang berasal dari Rimini, sebuah kota kecil di Italia. Tapi dia harus berusaha ekstra keras untuk menafkahi keluarganya. Mereka akhirnya pindah ke Rimini ketika Ale masih berumur 4 tahun. Inilah langkah awal Ale dalam menekuni olahraga sepakbola.

Ale selanjutnya terekspos dengan sepakbola Italia, sebuah kultur yang begitu kompetitif. Ia mulai menimba ilmu sepakbola di usia 5 tahun, dan lahirlah seorang pemain lincah keturunan Indonesia di Rimini, Italia.

“Saya bisa bermain di posisi sayap, bisa juga sebagai striker,” timpal Ale dengan logat ala Cinta Laura, kepada GOAL.com di Surabaya.

Ale adalah tipe pemain yang tergolong rajin. Setiap hari pulang sekolah ia menggiring bola dan mengikuti latihan timnya.

Musim lalu, Ale membantu klubnya, Rimini Calcio, meraih peringkat ketiga dalam sebuah turnamen top flight untuk pemain-pemain di bawah usia 16 tahun, jenjang terakhir sebelum level Primavera. Delapan tim teratas berhak mengikuti play-off untuk menentukan juara. Lima gol lahir dari kaki Ale melalui kompetisi ini. Sayangnya, langkah Rimini terhenti di babak play-off. Juaranya adalah AC Cesena, klub yang akan dibela Ale untuk musim 2010/11.

Proses transfer Ale dari Rimini ke Cesena merupakan kisah sukses tersendiri. Hingga bulan lalu, Rimini kabarnya terus dilanda krisis keuangan. Akibatnya, sejumlah klub papan atas mulai memburu pemain-pemain yang paling berbakat dari U-16 Rimini. Ale termasuk salah satu dari enam pemain yang beruntung. Ia resmi menjadi pemain Cesena U-16 pada awal bulan ini bersama dua rekannya. Latihan perdana akan berlangsung pada 14 Agustus nanti.

“Waktu itu, pilihan Ale antara Bologna dan Cesena. Tapi pertimbangan kami jarak dari rumah ke Bologna terlalu jauh. Cesena lebih dekat, hanya 30 menit naik kereta,” kata Maxi dengan bahasa Indonesia yang lancar.

Maxi menambahkan, dari enam pemain angkatan 1994 tersebut, salah satu di antaranya diboyong Inter Milan, namanya Gianmarco Gabbianelli.

“Dia pemain terbaik Rimini dan disiapkan untuk timnas Italia U-17,” lanjut Maxi yang merupakan penggemar berat Sampdoria.

VIDEO | Gianmarco Gabbianelli

VIDEO | Alessandro Trabucco

Usai pertandingan Garuda Merah versus Garuda Putih di Stadion Gajayana, Malang, Rabu (4/8), Ale sempat berang ketika digantikan pelatih Jaya Hartono di menit ke-26. Tapi dia juga mengakui kalau sebenarnya sedang dalam kondisi lelah, sekaligus kurang berani karena harus berhadapan dengan pemain-pemain yang lebih senior.

“Untuk pertandingan di Surabaya, saya akan berusaha main lebih bagus,” katanya.

Ayahnya mengingatkan, potensi Ale masih banyak yang perlu digali di usia yang relatif lebih muda ketimbang rekan-rekan lainnya di Garuda Merah dan Garuda Putih.

“Dia masih 16 tahun dan dia mengaku senang tinggal di Indonesia. Tetapi saat ini mungkin konstentrasinya akan difokuskan untuk membela tim junior AC Cesena di Italia,” ujar Maxi.

“Kita bisa coba mengurus paspor Indonesia untuk Ale dalam waktu dekat ini,” tandasnya.

Ayo Ale, siapa tahu bisa masuk skuad Sampdoria, klub kesayangan ayahnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s