Jelang Spanyol vs Portugal – Rekor Pertemuan Milik ‘Matador’

Posted: Juni 29, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

Beritabola.com Jakarta – Satu tiket perempatfinal menjadi rebutan Spanyol dengan Portugal. Dari total pertemuan keduanya, ‘Tim Matador’ memang lebih unggul kendati mereka tak boleh lupa kalau yang berjaya di laga terakhir adalah ‘Samba Eropa’.

Stadion Green Point di Cape Town menjadi tempat pertarungan Spanyol kontra Portugal, Rabu (29/6/2010) Berikut data dan fakta laga antara dua negara yang terletak di semenanjung Iberia tersebut, seperti dikutip dari Opta.

– Portugal baru lima kali menang dalam 32 pertemuannya kontra Spanyol di seluruh kompetisi.

– Kalah dalam rekor pertemuan, Portugal sukses memenangi laga terakhirnya lawan Spanyol. Itu terjadi pada partai fase grup Piala Eropa 2004 berkat gol tunggal Nuno Gomes.

– Portugal lolos dari fase grup Piala Dunia 2010 tanpa kebobolan di tiga laga yang mereka jalani.

– Portugal hanya kebobolan satu gol dari 12 laga internasional terakhirnya.

– Di babak 16 besar Piala Dunia 2006, Portugal menang 1-0 lawan Belanda. Laga itu menghasilkan empat kartu merah; dua untuk Portugal (Deco dan Costinha).

– Jika Potugal memenangi laga kontra Spanyol maka mereka akan menggenapkan 20 partai tak terkalahkan di seluruh kompetisi. Ini adalah rekor internal baru di timnas Portugal.

– Spanyol adalah tim pertama setelah Hongaria pada tahun 1986, yang tak mendapat satu kartu kuning pun di fase grup Piala Dunia.

– Semenjak edisi 1982, Spanyol hanya mencatat clean sheet sebanyak 26 persen dari partai-partainya di Piala Dunia.

– David Villa sudah mencetak enam gol dari enam kali jadi starter di Piala Dunia –2006 dan 2010. Dia kini menjadi topskorer Spanyol di ajang itu.

– Winger Spanyol Jesus Navas hanya tampil selama 118 menit di fase grup, tapi dia berhasil mencatat 40 umpan silang dari permainan bola hidup. Jumlah itu lebih banyak 18 buah ketimbang para pemain lain.

– Di babak 16 besar Piala Dunia 2006, Spanyol kalah 1-3 dari Prancis dan tersingkir. Prancis pada prosesnya menjadi finalis setelah di semifinal menundukkan Portugal.
(dtc/krs)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s