Jelang Paraguay vs Jepang – Paraguay Masih ‘Ungguli’ Jepang

Posted: Juni 29, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

Getty ImagesBeritabola.com Pretoria – Paraguay akan menghadapi Jepang di babak 16 besar. Melihat statistik pertemuan antara tim Amerika Selatan dengan tim Asia ini maka Paraguay lebih pantas diunggulkan.

Paraguay melangkah ke babak 16 besar setelah menjadi juara grup F. Tim Putih Merah (Albirroja) juga punya catatan yang bagus yaitu Paraguay tak pernah terkalahkan dalam empat pertandingan di Piala Dunia .

Mereka terakhir menelan kekalahan 0-1 dari Swedia di babak fase grup Piala Dunia 2006. Namun Paraguay tidak pernah pernah lolos dari putaran kedua (16 besar ) Piala Dunia di tiga kali kesempatan.

Bahkan terakhir di Piala Dunia 2006, Paraguay gagal lolos ke babak 16 besar setelah berada di posisi ketiga. Meski demikian Paraguay memiliki rekor kemenangan yang sedikit lebih baik saat bertemu Jepang.

Paraguay dan Jepang telah enam kali bertemu dalam laga internasional. Paraguay telah merasakan dua kali kemenangan, sedangkan Jepang satu kali dan tiga sisanya kedua tim bermain imbang.

Bagi Jepang, ini adalah kali pertama mereka lolos babak grup di Piala Dunia yang tak digelar di kandang mereka (2002). Prestasi tertinggi mereka kala itu hanya sampai babak 16 besar, setelah dihentikan Turki dengan skor 0-1.

Namun, ada catatan menarik bahwa Paraguay lebih pantas diunggulkan yaitu tak ada tim Asia yang pernah mengalahkan tim dari Amerika Selatan di Piala Dunia. Dari 14 kali pertemuan tim dua benua ini, Amerika Selatan menang 12 kali dan dua kali imbang (Korea Utara- Chile 1-1 1996) dan (Korsel-Bolivia 0-0 1994).

Meski demikian, Jepang tetap tidak bisa dipandang enteng dalam laga tersebut. Pelatih Jepang Takeshi Okada bisa memilih semua pemainnya guna menghadapi Paraguay termasuk Keisuke Honda yang sudah mencetak dua gol.

Sementara tim Paraguay, pelatih Gerardo Martino tidak dapat memainkan Victor Caceres karena suspended. Namun Antolin Alcaraz yang absen saat menghadapi Selandia Baru telah berlatih dan siap dimainkan.

Stadion: Loftus Versfeld, Pretoria
Wasit : Frank De Bleeckere (Belgia)

Prakiraan Pemain :

Paraguay: 1-Justo Villar,4-Denis Caniza, 21-Antolin Alcaraz, 14-Paulo Da Silva, 3-Claudio Morel,13-Enrique Vera, 13-Enrique Vera, 6-Carlos Bonet, 16-Cristian Riveros, 9-Roque Santa Cruz, 18-Nelson Valdez, 19-Lucas Barrios

Jepang: 21-Eiji Kawashima, 2-Yuki Abe, 22-Yuji Nakazawa, 4-Tulio, 3-Yuichi Komano, 5-Yuto Nagatomo ,16-Yoshito Okubo, 7-Yasuhito Endo, 17-Makoto Hasebe, 8-Daisuke Matsui,18-Keisuke Honda. (dtc/key)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s