Saatnya Benteng Belanda Unjuk Gigi

Posted: Juni 27, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

Maarten Stekelenburg (Getty Images)Beritabola.com Pretoria – Belanda selama ini dikenal sebagai tim yang tampil menyerang dengan gaya total voetbal. Kini barisan bertahan Belanda pun tak mau kalah unjuk kemampuan.

Bila membicarakan kiprah Belanda di Piala Dunia, maka ingatan akan menuju ke aksi-aksi Johan Cruyff atau gol dramatis Dennis Bergkamp ke gawang Argentina di Piala Dunia 1998.

Nama-nama tersebut adalah nama pemain depan, atau beroperasi di lini penyerangan. Ini sesuai dengan aliran total voetbal yang identik dengan menyerang.

Memang sepakbola adalah permainan tim. Peranan pemain belakang juga tidak boleh ditepikan. Namun untuk tim yang menganut sepakbola menyerang, maka dengan terpaksa para defender “kurang terdengar” kiprahnya.

Membicarakan Belanda sekarang maka tak akan lepas dengan nama-nama seperti Arjen Robben, Wesley Sneijder, Rafael van der Vaart, atau pun Robin Van Persie.

Namun Piala Dunia 2010 bisa menjadi momen apik bagi para defender Oranje untuk unjuk gigi. Ini terkait fakta bahwa pasukan Bert Van Marwijk adalah kontestan South Africa 2010 yang kebobolan dengan jumlah paling minim selama kualifikasi yakni dua gol.

Ada pun di Piala Dunia kali ini gawang Maarten Stakelenburg baru kemasukan satu kali. Angka ini bahkan lebih baik dari dua tim favorit lainnya seperti Brasil dan Spanyol.

“Barisan pertahanan kami sangat kuat dan saya pikir barisan pertahanan telah menjadi elemen penting bagi tim. Kami hanya kemsukan dua gol di kualifikasi dan satu gol di putaran final itu pun karena penalti. Saya pikir kami sudah membuktikan bahwa kami cukup kuat sebagai sebuah kesatuan,” tukas Stekelenburg seperti dikutip dari situs resmi FIFA.

Kiper Ajax Amsterdam itu mengakui bahwa di Afrika Selatan Belanda belum cukup cantik. “Tetapi saya berpendapat bahwa sebuah tim yang bagus dibangun dari pertahanan yang bagus. Jika tim tidak kemasukan gol maka kekalahan tidak akan terjadi. Dengan pemain yang kami miliki di lapangan, maka kami yakin bisa mencetak skor,” lanjut Stekelenburg.

Bermodalkan benteng yang kokoh dan tombak yang tajam, Belanda pun pede menetapkan target tinggi di Piala Dunia 2010.

“Target kami? Final dan juara dunia. Bila kami tidak yakin mampu mencapainya, maka lebih baik kami tidak usah berangkat dan tinggal di rumah saja,” tuntas dia.
(dtc/nar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s