Gyan Antar Ghana ke Perempat Final

Posted: Juni 26, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia
Striker Ghana, Asamoah Gyan, meluapkan kegembiraannya usai mencetak gol ke gawang AS. Ghana maju ke perempat final Piala Dunia 2010 setelah menang 2-1 atas AS, Sabtu (26/6/10).

RUSTENBURG, Kompas.com – Ghana menjejakkan kakinya di perempat final Piala Dunia 2010. “The Black Stars” meraih tiket babak delapan besar event paling bergengsi itu setelah menaklukkan Amerika Serikat 2-1 di Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg, Sabtu (26/6/10) malam atau Minggu (27/6/10) dinihari WIB.

Striker Asamoah Gyan yang menjadi pahlawan Ghana, berkat golnya pada menit kedua babak perpanjangan waktu. Dengan demikian, Ghana akan menghadapi Uruguay pada perempat final di Stadion Soccer City, Johannesburg, 3 Juli mendatang.

Hasil ini juga sekaligus memupus harapan AS untuk membalas kegagalannya empat tahun silam. Di Piala Dunia Jerman 2006, AS juga tersingkir karena kalah 1-2 dari Ghana pada laga pamungkas penyisihan grup.

Ghana, satu-satunya negara dari benua Afrika yang lolos ke babak 16 besar, tampil agresif sejak peluit kick-off berbunyi. “The Black Stars” tak menunggu lama untuk meraih keunggulan, karena pada menit kelima Kevin Prince Boateng sudah menjebol gawang Tim Howard.

Berawal dari sebuah serangan balik yang cukup cepat, Boateng menggiring bola menuju jantung pertahanan. Sebelum menembus kotak penalti, pemain tengah ini melepaskan tembakan keras, menggunakan kaki kirinya. Bola yang menyusur tanah ini tidak bisa dijangkau Howard, dan bersarang di pojok kanan bawah gawang. 1-0 untuk Ghana.

Unggul cepat ini membuat semangat para pemain Ghana kian bergelora. Mereka terus melancarkan serangan, yang memaksa barisan belakang AS melakukan pelanggaran. Dari sinilah, Ghana nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-17, ketika wasit memberikan tendangan bebas dari sektor kanan pertahanan AS. Asamoah Gyan, yang jadi eksekutor, melepaskan tembakan keras ke sisi kiri gawang,  tetapi Howard meninju keluar si kulit bundar.

Saat pertandingan memasuki waktu setengah jam, AS mulai bisa keluar dari tekanan. “The Yanks” bermain lebih sabar untuk menguasai lapangan tengah, sambil mencari peluang menembus pertahanan Ghana. Strategi ini memberikan hasil yang cukup bagus karena pada menit ke-34, mereka nyaris menyamakan kedudukan.

Robbie Findley lolos dari jebakan offside, ketika menerim umpan terobosan dari lapangan tengah. Sayang, tendangan keras kaki kanan Findley, yang sudah berada di mulut gawang, masih bisa dihalau kiper Richard Kingson. Satu peluang emas ini pun berlalu.

Memasuki babak kedua, AS langsung mengambil inisiatif menyerang. Peluang emas pun langsung diperoleh negeri “Paman Sam” ini, lewat pemain pengganti Benny Feilhaber. Tetapi, lagi-lagi Kingson tampil sangat brilian, karena dia bisa menahan bola cocoran Feilhaber, yang tinggal berhadapan dengannya. Selamat lagi gawang Ghana.

Serangab bertubi-tubi AS akhirnya membuat mereka meraih kesempatan terbaik pada menit ke-60, ketika Clint Dempsey dilanggar Jonathan Mensah di dalam kotak penalti. Wasit Viktor Kassai mengganjar bek kanan itu kartu kuning, sekaligus memberikan hukuman penalti yang dieksekusi dengan sempurna oleh Landon Donovan. Skor 1-1.

AS, yang selama penyisihan grup selalu menunjukkan mental dan semangat tinggi, semakin bergairah setelah mencetak gol penyama. Mereka terus mengurung pertahanan Ghana, dan hampir menambah gol lagi pada menit ke-75, ketika Michael Bradly lolos dari jebakan offside untuk menerima umpan terobosan. Tetapi, tendangan gelandang kanan ini terlalu lemah sehingga bola dengan mudah ditangkap Kingson.

Meskipun masih mengendalikan jalannya pertandingan, AS tak mampu menambah gol lagi sampai 45 menit babak kedua usai. Skor imbang ini membuat duel dilanjutkan dengan babak perpanjang waktu selama 2×15 menit.

Di babak yang menuntut stamina dan ketahanan fisik kuat dari para pemain ini, Ghana berhasil mencuri kesempatan. Pada menit ke-92, Asamoah Gyan lolos dari adangan dua pemain belakang AS ketika mengejar bola umpan lambung dari sektor pertahanan Ghana. Tak menunggu lama, setelah mengontrol bola dengan dada dan berhasil masuk kotak penalti, Gyan langsung melesakkan bola dengan kaki kirinya tanpa bisa dihalau Howard. 2-1 untuk Ghana.

Di sisa waktu, hingga 15 menit kedua perpanjangan waktu, AS tak mampu mencetak gol balasan. Serangan-serangan yang dilancarkan tak bisa menembus lagi pertahanan Ghana, yang memang dibangun sangat kokoh setelah meraih keunggulan.

– Susunan pemain

Amerika Serikat: 1-Tim Howard; 3-Carlos Bocanegra, 15-Jay DeMerit, 12-Jonathan Bornstein, 6-Steve Cherundolo; 13-Ricardo Clark (19-Maurice Edu 30′), 4-Michael Bradley, 8-Clint Dempsey, 10-Landon Donovan; 20-Robbie Findley (22-Benny Feilhaber 46′), 17-Jozy Altidore (9-Herculez Gomez 91′).

Ghana: 22-Richard Kingson; 5-John Mensah, 8-Jonathan Mensah, 2-Hans Sarpei (19-Lee Addy 71′), 4-John Pantsil; 23-Kevin-Prince Boateng (10-Stephen Appiah), 6-Anthony Annan, 13-Andre Ayew, 7-Samuel Inkoom (11-Sulley Muntari 112′); 3-Asamoah Gyan, 21-Kwadwo Asamoah.

highlights U.S.A vs Ghana

Komentar
  1. partnerinvain mengatakan:

    Hidup Ghana, bener-bener Black Hawk Down tadi malam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s