Spanyol juara grup, Chile runner-up

Posted: Juni 25, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia
Andres IniestaAndres Iniesta dan David Villa pastikan Spanyol jadi juara Grup H (Getty Images)

Spanyol akhirnya lolos ke 16 besar Piala Dunia 2010 sebagai juara Grup H Piala Dunia 2010 usai menaklukkan Chile, Sabtu (26/6) dinihari WIB. Tim “Matador” akan menghadapi Portugal pada babak 16 besar.

Spanyol mengkoleksi enam poin, sama dengan Chile di tempat kedua. Hanya selisih gol yang membedakan posisi keduanya. Swiss yang di laga lainnya bermain imbang 0-0 lawan Honduras harus puas di posisi ketiga dengan empat poin, sementara Honduras di tempat terakhir dengan satu poin.

Lolosnya Chile sekaligus menandakan kebangkitan sepakbola Amerika Selatan karena mampu mengirimkan lima wakilnya di babak 16 besar. Ini adalah yang pertama kali dalam sejarah. Chile menyusul Argentina, Uruguay, Paraguay, dan Brasil yang sudah lebih dulu lolos.

Jalan pertandingan

Kemenangan Spanyol di laga terakhir penyisihan grup di Stadion Loftus Verfeld, Pretoria, ditentukan lewat dua gol di babak pertama. David Villa membuka skor melalui tendangan jarak jauh di sayap kiri, memanfaatkan umpan panjang dari Capdevilla yang gagal dibuang kiper Claudio Bravo.

Andres Iniesta menambah gol untuk Spanyol melalui kerja sama kaki ke kaki dengan Villa di menit ke-37. Chile yang bermain keras sejak awal pertandingan akhirnya bermain dengan sepuluh pemain karena gelandang Marco Estarada mendapat kartu kuning kedua setelah melanggar Fernando Torres sebelum gol Iniesta terjadi.

Dalam kondisi tertinggal, Chile malah berbalik menekan di awal babak kedua. Hanya dua menit setelah jeda, Rodrigo Millar memperkecil ketinggalan menjadi 1-2. Pemain yang baru masuk di babak kedua itu melepas tendangan keras dan bola berbelok setelah mengenai dengkul Pique.

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque kemudian menarik Torres dan memasukkan Cesc Fabregas. Dengan satu striker, serangan-serangan Spanyol ini makin fokus. Bola-bola terobosan dari Fabregas dan Xavi Herandez selalu tertuju kepada Villa sebagai penyerang tunggal, namun tidak ada peluang yang kongkret.

Chile meladeninya dengan permainan disiplin di segala ini. Begitu mendapat kesempatan menyerang, pasukan Marcelo Bielsa itu berani menyisakan dua pemain untuk menjaga pertahanan. Ketika diserang, pemain segera merapat di tengah dan belakang.

Sekitar 15 menit terakhir laga, kedua tim bermain aman, terutama Spanyol yang tampak membuang-buang waktu dengan mengoper bola, dimana Chile sendiri tak keberatan sepanjang hasil 1-2 tetap bertahan hingga peluit panjang.

Meski kalah, Chile tetap lolos ke putaran selanjutnya. Mereka akan melawan tim lain dari Amerika Selatan, Brasil, yang menjadi juara Grup G setelah bermain imbang 0-0 lawan Portugal.

Susunan pemain:
Cile: Bravo; Medel, Ponce, Jara, Isla; Estrada, Vidal, Gonzalez (Millar 46); Beausejour, Sanchez (Orellana 65); Valdivia (Paredes 46).

Spanyol: Casillas; Ramos, Puyol, Pique, Capdevila; Xavi, Alonso (Martinez 73), Busquets; Torres (Fabregas 55), Iniesta; Villa.

[kompas]

highlights spanyol vs chili

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s