Main imbang, Swiss & Honduras tersisih

Posted: Juni 25, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

Swiss vs HondurasEren Derdiyok tak mampu loloskan Swiss ke babak 16 besar (AP)

Swiss harus menelan pil pahit gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2010 setelah di laga pamungkas Grup H ditahan imbang tanpa gol oleh Honduras di Stadion Free State, Sabtu (26/6) dinihari WIB.

Hasil imbang ini membuat Swiss harus puas duduk di posisi tiga klasemen akhir Grup H dengan poin empat terpaut dua angka dari Spanyol dan Cili yang berhak lolos ke 16 besar dengan menjadi juara dan runner-up grup, dengan masing-masing mengumpulkan enam poin. Honduras sendiri duduk di posisi buncit dengan poin satu.

Sebelum laga, Swiss sebenarnya cukup berpeluang lolos ke babak 16 besar. Mereka bisa lolos apabila mereka mampu menang dan di laga lainnya Chile dan Spanyol bermain imbang, atau apabila mereka menang dan Spanyol mampu mengalahkan Chile dengan selisih gol besar, dan juga apabila mereka bermain imbang sementara Chile mampu mengalahkan Spanyol.

Jalan pertandingan

Sejak peluit kick off, kedua tim memperagakan tempo permainan yang lambat. Hingga menit ke-10 usia pertandingan belum ada yang berhasil membuat kesempatan.

Swiss membuka peluang di pertandingan ini pada menit 17. Tranquillo Barnetta melepas umpan sodoran ke depan gawang Honduras yang disambut tandukan Eren Derdiyok. Bola masih melebar.

Bombardir Swiss terus berlanjut. Di menit 22 Barnetta yang menggiring bola langsung menendang bola dari luar kotak penalti. Tapi bola masih lengket dengan kiper Noel Valladares.

Permainan yang ditampilkan kedua tim cukup datar. Baru 16 menit kemudian Swiss baru melahirkan peluang lewat Derdiyok hasil operan Barnetta. Tapi tendangannya masih bisa diblok.

Tiga menit menjelang jeda, permainan menjadi lebih hidup.

Blaise N’Kufo membuang sebuah peluang emas yang berpotensi menjadi gol. Derdiyok mengirim umpan silang tapi N’Kufo yang sudah dalam posisi tepat gagal mengontrol bola dengan baik sehingga bola bisa diamankan pemain Honduras.

Semenit kemudian, N’Kufo lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang. Reto Ziegler menendang bola dari situasi set-piece dan menemui N’Kufo yang menyambarnya dengan tandukan. Bola masih melebar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum

Honduras membuat sebuah peluang emas di menit 53. Edgar Alvarez mengirim crossing cantik dari sisi kanan lapangan tetapi bola yang ditanduk David Suazo masih melebar tipis.

Pemain pengganti, Hakan Yakin mencoba membuat gol dari situasi set play pada menit 52. Sayang tendangannya mengarah tepat di pelukan Valladeres.

Delapan menit berselang, Barnetta membuat tembakan langsung hasil operan dari Gokhan Inler. Tapi bola masih bisa ditangkap oleh kiper Honduras.

Diego Benaglio melakukan penyelamatan brilian di menit 71. Honduras berhasil membuat serangan balik dari sudut lapangan dan bola berada di kaki Suazo yang sudah dalam posis menguntungkan untuk mencetak gol. Bola bisa ditepis.

Swiss balik menyerang di menit 73. Yakin meliuk-meluk dan mengirim umpan kepada Alexander Frei tapi bola masih belum tepat sasaran.

Banetta melancarkan sebuah tendangan keras kaki janan dengan kaki kananya menit 79. Sayang bola belum mau masuk ke jaringnya.

Honduras sebenarnya telah membuat gol ke gawang Benaglio. Namun karena posisi Derdiyok sudah berada dalam posisi offside maka gol dianulir.

Memasuki menit 90, Honduras membuat dua serangan sekaligus. Akan tetapi bola masih belum dapat berubah menjadi gol.

Dua menit waktu tambahan, Yakin bikin peluang. Sayang headingnya masih lurus ke arah Valladares. Skor tidak berubah 0-0 hingga peluit akhir.

Susunan Pemain:

Swiss: 1-Diego Benaglio, 13-Stephane Gritching, 5-Steve von Bergen, 17-Reto Ziegler, 2-Stephan Lichsteiner, 8-Gokhan Inler, 6-Benjamin Huggel (23-Xherdan Shaqiri 78′), 16-Gelson Fernandes (15-Hakan Yakin 45′), 7-Tranquillp Barnetta, 10-Blaise NKufo (9-Alexander Frei 68′), 19-Eren Derdiyok

Honduras: 18-Noel Valladares, 3-Maynor Figueroa, 2-Osman Chavez, 16-Mauricio Sabillon, 5-Victor Bernardez, 6-Henry Thomas, 8-Wilson Palacios, 7-Ramin Nunez (15-Walter Martinez 67′), 17-Edgar Alvarez, 10-Jerry Palacios (12-Georgie Welcome 76′), 11-David Suazo

[detik]

highlights swiss vs honduras

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s