Jelang Chile vs Spanyol La Roja Bidik yang Pertama

Posted: Juni 25, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia
Rachmadin Ismail – Piala Dunia
Gambar

Jakarta – Spanyol tak pernah kalah dari Chile. Di sisi lain, pasukan Marcelo Bielsa sedang di atas angin dan berpeluang menjadi juara grup untuk pertama kalinya dalam sejarah. Siapa lebih unggul?

Tim Matador butuh kemenangan untuk mengamankan posisi 16 besar dalam laga yang akan digelar di Loftus Versfeld, Pretoria, Sabtu (25/6/2010) dinihari WIB nanti. Kemenangan 2-0 atas Honduras dan kekalahan mengejutkan 0-1 dari Swiss membuat Cesc Fabregas dkk harus berjuang ekstra keras di laga terakhir fase grup.

Akan Tetapi sejarah mencatat Spanyol tak pernah kalah ketika melawan tim asal Amerika Selatan tersebut. Dari tujuh laga yang sudah dilakoni, Chile hanya mampu menahan imbang satu kali pada tahun 1981. Sisanya, dimenangi oleh La Furia Roja –julukan Spanyol.

Kali terakhir kedua tim bertemu adalah pertandingan persahabatan tahun 2008, yang dimenangi Spanyol dengan skor 3-0. Sementara perjumpaan terakhir keduanya di Piala Dunia terjadi pada tahun 1950. Spanyol kala itu menang 2-0.

Apakah Chile akan kembali keok? Belum tentu. Sejarah boleh saja berpihak pada Spanyol, tapi kenyataan tahun ini bisa berkata lain.

La Roja, julukan Chile, sejauh ini sudah menang 10 kali dalam 12 laga terakhir mereka, termasuk dua kemenangan terakhir atas Honduras dan Swiss di Grup H. Yang lebih menakjubkan, Chile tak pernah kebobolan dalam delapan laga terakhir.

Catatan lainnya, Chile tidak pernah lolos sebagai juara grup dalam ajang Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka hanya sebagai runner-up pada tahun 1962 dan 1998. Artinya, Chile yang kini jadi pemuncak klasemen Grup H berpeluang jadi juara grup untuk kali pertama.

Berikut data dan fakta lain kedua tim seperti dikutip dari BBC dan Reuters:

– Chile melakoni laga ke-300 yang diikuti oleh tim asal Amerika Selatan
– Spanyol selalu menang dalam laga final di babak grup sejak Piala Dunia 1986
– Jika Spanyol juara, maka ini adalah tim pertama yang mampu meraih trofi Piala Dunia, namun kalah di babak pertama penyisihan grup
– Spanyol adalah tim yang belum pernah menerima kartu kuning atau kartu merah di Afsel

Data Pertandingan

Stadion: Loftus Versfeld, Pretoria.
Kapasitas: 49.000
Wasit: Marco Rodriguez (Mexico)
Ranking Dunia: Chile 18, Spain 2

Kemungkinan susunan pemain

Chile: Claudio Bravo, Mauricio Isla, Gary Medel, Waldo Ponce, Gonzalo Jara, Arturo Vidal, Rodrigo Millar, Jorge Valdivia, Humberto Suazo, Juan Beausejour,
Alexis Sanchez,

Spanyol: Iker Casillas, Sergio Ramos, Gerard Pique, Carles Puyol, Joan Capdevila, Sergio Busquets, Xabi Alonso, Xavi, Andres Iniesta, Fernando Torres, David Villa

Komentar
  1. ardiantoarsadi mengatakan:

    ane megang chile… spain tersingkir saja biar world cup tahun ini lebih seru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s