Brasil juara grup, Portugal runner-up

Posted: Juni 25, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia
Portugal vs Brasil
Portugal & Brasil berbagi poin setelah main imbang 0-0 (Reuters)

Brasil dan Portugal bermain imbang tanpa gol pada laga pamungkas penyisihan Grup G Piala Dunia 2010, Jumat (25/6/10). Hasil kacamata di Stadion Moses Mabhiba, Durban, ini membuat kedua negara berhak maju ke babak perdelapan final. Dengan tambahan satu poin ini, Brasil total mengumpulkan tujuh angka dan menjadi juara grup. “Selecao” akan menghadapi runner-up Grup H, untuk memperebutkan tiket menuju perempat final. Sedangkan Portugal, yang pada laga sebelumnya mencukur Korea Utara 7-0, karena menjadi runner-up maka mereka akan menghadapi juara Grup H.

Brasil mengawali pertandingan dengan banyak melakukan ball possession. “Selecao”, yang sudah memastikan diri maju ke babak 16 besar, tak ingin buru-buru melakukan terobosan ke dalam kotak penalti Portugal, meskipun ada beberapa usaha tembakan dari luar kotak penalti.

Tanpa Kaka, yang mendapat larangan bermain menyusul kartu merah yang diterimanya saat Brasil taklukkan Pantai Gading 3-1, serta Robinho yang dicadangkan, serangan Brasil tidak terlalu variatif. Mereka lebih banyak melakukan serangan dari sayap kanan, yang dimotori Maicon dan Dani Alves.

Terus tertekan, Portugal melakukan serangan balik pada menit ke-15, yang membuat barisan belakang Brasil cukup kelabakan. Beruntung, kiper Julio Cesar dengan sempurna mengantisipasi dan menghalau bola umpan silang dari sayap kiri, sehingga selamatlah gawang Brasil.

Selepas peluang ini, Portugal kembali mendapat tekanan. Tetapi, posisi yang sudah aman serta hanya minimal bermain imbang untuk menjadi juara grup, membuat Brasil tak terlalu ngotot untuk mendobrak pertahanan Portugal. Juara dunia lima kali ini masih terus mengandalkan serangan dari sayap kanan lewat poros Maicon-Alves.

Menit ke-30, Brasil mendapat sebuah peluang terbaik, ketika Luis Fabiano, yang melakukan penetrasi di sektor kiri pertahanan Portugal, melepaskan umpan lambung ke tiang jauh. Nilmar, yang berlari dari belakang, bisa mengejar dan mencocor bola ke gawang. Tetapi kiper Eduardo sangat sigap menahan, dan keberuntungan masih berpihak kepada Portugal, karena bola tepisan tersebut membentur tiang dan memantul ke luar.

Barisan depan Brasil kembali memberikan ancaman pada menit ke-39. Kali ini giliran Fabiano, yang menerima umpan silang dari Maicon. Tetapi sundulannya masih melenceng tipis di sisi kanan gawang.

Portugal berusaha bangkit. Tetapi, dengan hanya membiarkan Cristiano Ronaldo di depan, “Seleccao das Quinas” nyaris tak memiliki kesempatan untuk memberikan ancaman serius bagi pertahanan Brasil. Pasalnya, setiap gerakan Ronaldo selalu ditutup oleh Juan dan Lucio, yang sangat disiplin menjaga wilayahnya. Babak pertama berakhir imbang 0-0.

Selepas jeda, Portugal membuat kejutan saat pertandinga baru berlangsung tiga menit. Melalui serangan balik yang cepat, Ronaldo yang beroperasi di sayap kiri, lolos dari jebakan offside. Tetapi, umpan datarnya ke mulut gawang ketika telah memasuki kotak penalti, berhasil dihalau Lucio, sehingga hanya melahirkan tendangan pojok.

Portugal pun mulai berani tampil agresif sehingga pasukan besutan Carlos Queiroz ini sempat mendapat peluang lagi. Pada menit ke-59, penetrasi yang dilakukan Ronaldo nyaris berbuah gol. Lucio, yang berusaha menutup gerakan Ronaldo, membuang bola melewati mulut gawang sehingga hampir menghadirkan petaka bagi Brasil. Beruntung, sontekan Raul Meireles saat menerima “umpan” Lucio itu masih meleset di sisi kanan gawang.

Itulah peluang terbaik Portugal sepanjang pertandingan, karena “The Navigators” tak mampu lagi memberikan ancaman serius kepada gawang Brasil. Tak jauh berbeda, Brasil pun kesulitan menemukan kesempatan terbaik menjebol gawang Portugal, sehingga pertandingan pun berakhir imbang 0-0.

– Susunan pemain

Portugal: 1-Eduardo; 2-Bruno Alves, 6-Ricardo Carvalho, 23-Fabio Coentrao, 21-Ricardo Costa; 15-Pepe (8-Pedro Mendes 63′), 16-Raul Meireles (14-Miguel Veloso 83′), 19-Tiago; 5-Duda (11-Simao 54′), 10-Danny, 7-Cristiano Ronaldo.

Brasil: 1-Julio Cesar; 4-Juan, 3-Lucio, 6-Michel Bastos, 2-Maico; 5-Felipe Melo, 8-Gilberto Silva, 21-Nilmar, 13-Dani Alves; 9-Luis Fabiano (23-Grafite 84′), 19-Julio Baptista (18-Ramires 82′).

[kompas]

highlights brazil vs portugal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s