Italia Tersingkir, Slowakia Cetak Sejarah

Posted: Juni 24, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

Zambrotta, Iaquinta, Cannavaro, De Rossi, Montolivo - Slovakia-Italy - WC2010 (Getty Images)Italia, juara Piala Dunia 2006, gagal mencapai babak kedua Piala Dunia 2010 Afrika Selatan setelah dikalahkan Slowakia 3-2 dalam laga di Ellis Park Stadium.

Slowakia mencetak sejarah; melangkah ke babak kedua kali pertama dalam dua kali keikut-sertaannya di Piala Dunia

Robert Vittek menjadi bintang lapangan dengan memborong dua gol Slowakia. Satu gol lain Slowakia lainnya diabuat Kamil Kopunek. Italia membalas dua gol dalam sepuluh menit lewat Antonio Di Natale dan Fabio Quagliarella.

“Semua salah saya,” ujar pelatih Marcello Lippi seperti dikutip Tuttosport.

“Pulang dengan memalukan,” demikian judul La Gazzetta dello Sport.

Kegagalan Italia lolos dari babak penyisihan grup ini yang kali pertama sejak 1974. Namun kegagalan ini yang terburuk dalam 54 tahun terakhir.

Di Piala Dunia 1966, saat disingkirkan Korea Utara, Italia masih mencetak satu kemenangan dari tiga laga. Di Piala Dunia 1974, Italia juga masih bisa meraih satu kemenangan dari tiga laga.

Kali ini, Italia dua kali susah payah bermain imbang dan terakhir dikalahkan Slowakia.

Ini merupakan debut Slowakia di Piala Dunia, sebagai negara merdeka sejak Cekoslowakia dibubarkan. Slowakia kini sukses melangkah ke babak kedua sebagai runner up Grup F dengan empat angka.

Bermain dengan beban harus menang, Italia tampil buruk sepanjang babak pertama. Fabio Cannavaro kerap tidak berada di posisi saat timnya diserang. Lini tengah Azzurri tak kreatif membuka pertahanan Slowakia yang dikoordinir Martin Skrtel.

Daniel De Rossi melakukan kesalahan. Umpannya terpotong, dan Vittek melepas tembakan first time menyusur tanah tanpa bisa dicegah Marchetti.

Azzurri berupaya bangkit dan mengejar ketinggalan sebelum laga babak pertama usai, tapi lini tengahnya gampang kehilangan bola, yang membuat pemain Slowakia menekan lewat serangan balik.

Hampir semua peluang Italia dengan mudah digagalkan lini belakang Slovakia. Sedangkan satu upaya Skrtel nyaris membuahkan gol kedua di menit ke-41.

Italia gagal menyamakan kedudukan sampai babak pertama usai.

Di babak kedua, fans Italia yang hadir di Ellis Park yakin timnya akan bangkit. Namun perbaikan baru terjadi setelah Marcello Lippi memasukkan Andrea Pirlo, dan menarik keluar Riccardo Montolivo.

Perlahan tapi pasti Azzurri menemukan bentuk permainannya, tapi lini belakangnya terlihat rapuh. Alih-alih mengejar ketinggalan, Italia justru kebobolan lagi oleh gol Vittek menit ke-73.

Marek Hamsik melepas tembakan pojok. Chiellini terlambat menjemput bola, dan Vittek memafaatkannya dengan baik.

Kerja keras Italia membuahkan hasil. Menit ke-81, Antonio Di Natale memperkecil ketinggalan.

Gol ini membangkitkan semangat Azzurri untuk menyamakan kedudukan. Mereka nyaris memperolehnya, ketika tembakan Quagliarella menjadi gol. Namun wasit menganulir.

Situsi menjadi kritis ketika Slowakia, lewat pemain penganti Kamil Kaponek, mencetak gol tambahan menit ke-89. Wasit memberi tambahan waktu empat menit, yang membuat Italia masih memiliki kesempatan menyamakan kedudukan.

Slowakia bertahan habis-habisan, dengan banyak membuang bola. Namun Italia masih bisa memanfaatkan waktu tambahan ini untuk mencetak satu gol lagi lewat Quagliarella.

Dua menit berikutnya Slowakia berupaya mempertahankan keunggulannya. Mereka berhasil.

Susunan Pemain

SLOWAKIA: Jan Mucha, Jan Durica, Martin Skrtel, Radoslav Zabavnik, Peter Pekarik, Zdeno Strba/Kamil Kopunek, Juraj Kucka, Robert Vittek, Marek Hamsik, Erik Jendrisek, Miroslav Stoch,

ITALIA: Federico Marchetti, Giorgio Chiellini, Fabio Cannavaro, Domenico Criscito/Christian Maggio, Gianluca Zambrotta, Daniele De Rossi, Gennaro Gattuso/Fabio Quagliarella, Riccardo Montolivo/Andrea Pirlo, Antonio Di Natale, Vincenzo Iaquinta,

lihat highlights Italy vs Slovakia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s