Ozil Antar Jerman Ke-16 Besar

Posted: Juni 23, 2010 in Bola dunia, Piala Dunia

WC 2010:  Richard Kingson - Mesut Oezil - Ghana - Germany (Getty Images)

WC 2010: Richard Kingson – Mesut Oezil – Ghana – Germany (Getty Images)

Jerman melangkah ke babak 16 besar setelah meraih kemenangan tipis 1-0 atas Ghana di Soccer City Stadium, Johannesburg, Kamis (24/6) dinihari WIB.

Kemenangan itu menempatkan Jerman ke puncak klasemen Grup D dengan enam angka. Sementara Ghana yang takluk di pertandingan ini mengisi pos runner up dengan empat poin.

Perolehan angka Ghana sebenarnya sama dengan Australia yang menang 2-1 atas Serbia di Nelspruit. Akan tetapi, Ghana memiliki selisih gol yang lebih baik dibanding wakil Asia itu.

Dengan demikian, Grup D diwakili Jerman dan Ghana di babak 16 Besar. Sementara Australia dan Serbia langkahnya terhenti di fase grup.

Jalannya Pertandingan

Ghana banyak mendapat tekanan sepanjang babak pertama. Kiper Richard Kingson pun harus membuat sejumlah penyelamatan penting untuk mengindari gawangnya dari kebobolan.

Di menit 10 misalnya, di mana bola tendangan Lukas Podolski yang berhasil diblok Jonathan Mensah malah mengarah ke gawangnya. Untungnya Kingson masih sigap menghalau bola.

Di menit 14, Asamoah Gyan nyaris mencetak gol saat menerima umpan dari Dede Ayew. Namun sebelum sukses menendang bola, Bastian Schweinsteiger lebih cepat menyapu bola menjauh dari daerah berbahaya Jerman.

Di menit 26, Mesut Ozil memiliki peluang terbuka untuk membawa Jerman memimpin. Berhadapan satu lawan satu melawan Kingson, Ozil melepas tendangan kaki kiri. Akan tetapi kiper Ghana itu dengan sigap menghalau bola dengan kakinya. Penyelamatan hebat dari Kingson.

Kiper Ghana itu juga membuat aksi heroik dengan menghalau bola sepakan bebas Schweinsteiger yang mengarah ke gawangnya di menit 41.

Memasuki babak kedua, Ghana mendapat kesempatan matang di menit 50. Kwandwo Asamoah yang lolos dari jebakan offside menyontek bola untuk berusaha mengelabuhi kiper Manuel Neuer, namun gagal.

Di menit 60, Ozil akhirnya bisa memecah kebuntuan. Mendapat bola sodoran dari Lahm, Ozil memiliki banyak waktu dan ruang untuk melepas tendangan ke arah sudut gawang Ghana dan gol. 1-0 untuk Jerman.

Ghana pun langsung bangkit menyerang. Tekanan dari segala penjuru lapangan pun dilakukan, namun Ghana belum bisa menyamakan kedudukan.

Peluang matang muncul di menit 65 ketika Dede Ayew mendapat kesempatan melepas tendangan ke arah gawang dari dalam kotak penalti. Namun Lahm datang untuk memblok bola sepakannya, yang berujung pada tendangan sudut.

Cacau sempat menguji peruntungannya dengan melepas tendangan keras dari luar kotak penalti di menit 69, namun Kingson bisa menangkal bola yang mengarah ke gawangnya itu.

Kedua tim masih terus menunjukkan permainan menyerang tiap mendapat bola. Tapi hingga berakhirnya pertandingan, skor 1-0 untuk kemenangan Jerman tetap bertahan.

Susunan pemain:
Ghana: Kingson, Sarpei, Jonathan Mensah, John Mensah, Pantsil, Ayew (Adiyiah 90), Boateng, Annan, Tagoe (Muntari 64), Gyan (Amoah 82), Asamoah

Jerman: Neuer, Lahm, Mertesacker, Friedrich, Boateng (Jansen 72), Schweinsteiger (Kroos 81), Khedira, Muller (Trochowski 67), Ozil, Podolski, Cacau

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s