Benayoun Selamatkan Liverpool

Posted: November 22, 2009 in Bola dunia, Liga Inggris

Emmanuel Adebayor - Manchester City & Martin Skrtel - Liverpool (Getty Images)

Liverpool kembali kehilangan poin saat tampil di kandang sendiri di Stadion Anfield, Sabtu (21/11). Bermain di hadapan pendukungnya saat menjamu Manchester City dalam lanjutan kompetisi Liga Primer Inggris, Liverpool hanya mampu bermain imbang 2-2.

Bahkan, The Reds sempat tertinggal meski mencetak gol pertama lebih dulu melalui Martin Skrtel. Namun, City bisa mengejar ketinggalan dan berbalik unggul.

Beruntung, Liverpool lolos dari kekalahan. Pemain pengganti Yossi Benayoun tampil sebagai penyelamat setelah berhasil menyamakan kedudukan.

Bagi City, ini untuk keenam kalinya secara berturut-turut mereka mengakhiri pertandingan Liga Primer dengan hasil imbang. Tim asuhan Mark Hughes menyamai rekor yang pernah dipetik City pada 1913.

Sebaliknya, Liverpool menyia-nyiakan peluang di kandang sendiri. Berambisi meraih tiga poin, Liverpool memang langsung menekan pertahanan City sejak menit pertama. Pulihnya kapten Steven Gerrard makin menaikkan motivasi pasukan Rafael Benitez.

Liverpool nyaris unggul di menit-menit awal. Bermula dari tendangan bebas Gerrard yang mengancam gawang Shay Given di menit keempat.

Bek Kolo Toure berupaya membuang bola. Namun, bola justru mengarah kepada Skrtel. Namun, Given berada dalam posisi yang tepat untuk mengamankan ancaman dari Skrtel.

Tak lama kemudian, Liverpool kehilangan Daniel Agger yang cedera setelah mengalami benturan kepala. Posisinya digantikan Sotirios Kyrgiakos.

Sebelum terjadi pergantian tersebut, City memiliki kesempatan bagus saat Gareth Barry mendapat ruang gerak di kotak penalti Liverpool. Sayang, Barry gagal memanfaatkan peluang tersebut karena sundulannya masih bisa diselamatkan oleh kiper Pepe Reina.

Liverpool mulai dipusingkan dengan cedera yang kembali menimpa pemainnya. Benitez pun terpaksa melakukan pergantian pemain dalam tempo kurang dari 20 menit. Kali ini giliran Ryan Babel yang ditarik keluar akibat cedera engkel. Ia kemudian digantikan Benayoun.

Penampilan kedua tim sedikit menurun menjelang berakhirnya babak pertama. Tak ada serangan yang membahayakan dari kedua tim.

Memasuki babak kedua, permainan lebih hidup karena Liverpool makin intensif melakukan serangan. Liverpool memperoleh peluang bagus saat mendapat tendangan bebas di luar kotak penalti menyusul dijatuhkannya David Ngog oleh Pablo Zalayeta.

Tendangan bebas Gerrard mengarah ke depan gawang dan diselesaikan dengan baik oleh Skrtel pada menit ke-50. Ini merupakan gol pertama Skrtel setelah 60 kali membela The Reds.

Gol itu mengejutkan City. Hughes mengantisipasinya dengan bermain lebih ofensif saat memasukkan Carlos Tevez yang menggantikan Barry. Masuknya striker Argentina ini meningkatkan daya gedor The Citizens.

Setelah 15 menit melakukan tekanan, upaya tim tamu akhirnya membuahkan hasil. Sundulan penyerang Emmanuel Adebayor gagal diselamatkan oleh Reina. Gol yang tercipta pada menit ke-69 ini menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Keberhasilan Adebayor menembus pertahanan Liverpool membuat rekan-rekannya makin bersemangat. Terbukti, City mampu menambah gol yang tercipta cukup apik di menit ke-76.

Bermula dari Tevez yang mengirim bola kepada Shaun Wright-Phillips. Dengan membelakangi gawang, ia yang tidak mendapat kawalan dari pemain Liverpool kemudian melepaskan umpan kepada Stephen Ireland. Tanpa kesulitan, Ireland membobol gawang tuan rumah.

Hanya, keunggulan City tak bertahan lama. Dalam tempo satu menit, Liverpool berhasil menyamakan kedudukan melalui Benayoun.

Dalam kedudukan imbang, intensitas permainan makin meningkat. Dan, seperti pertandingan Liga Primer yang makin menegangkan di menit-menit akhir, kedua tim mencoba meningkatkan serangan demi mengincar kemenangan.

Tercatat City mendapat dua peluang melalui Wright-Phillips dan Tevez. Namun, upaya keduanya bisa dimentahkan oleh Reina.

Sementara, Lucas nyaris menjadikan Liverpool unggul. Namun sundulannya yang memanfaatkan sepak pojok Gerrard gagal membuahkan hasil.

Sampai akhir pertandingan, kedudukan imbang tak berubah. Meski kedua tim tidak puas dengan tambahan satu poin, namun hasil tersebut tampaknya cukup adil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s