Indonesia Ditundukkan Kuwait 1-2

Posted: November 15, 2009 in Bola dunia, Liga Indonesia

INAkuwait-AFP285YASSERAL-ZAYYAT

Kuwait City – Sempat unggul lebih dulu, Indonesia gagal membawa poin dari lawatan ke Kuwait. Setelah imbang di dua laga perdana, pasukan ‘Merah Putih’ dipaksa bertekuk lutut 1-2.

Bambang Pamungkas sempat menghidupkan harapan Indonesia setelah mencetak gol dengan kepalanya di menit 32. Namun dua gol dari Bader Al Mutawa akhirnya memupus harapan ‘Merah Putih; meraih kemenangan pertamanya di Kualifikasi Piala Asia Grup B.

Tak dapat poin membuat pasukan Beny Dollo masih berkutat di posisi juru kunci dengan poin dua, hasil dua kali imbang tanpa gol atas Oman dan Australia. Sementara Kuwait naik ke posisi dua dengan nilai enam. Australia memuncaki grup ini setelah beberapa jam sebelumnya menang 2-1 atas Oman.

Indonesia akan gantian menjamu Kuwait pada 18 November mendatang. Dengan masih ada tiga pertandingan dilakoni, dua di antaranya di kandang sendiri, peluang lolos ke Piala Asia 2011 masih terbuka.

Jalannya pertandingan

Bertanding di Al Kuwait Sports Club Stadium, Minggu (15/11/2009) dinihari WIB, Kuwait langsung lenacarkan serangan gencar ke pertahanan Indonesia. Mengandalkan kedua sayap dan umpan-umpan crossing, berkali-kali pemain tuan rumah membahayakan gawang Markus Horison.

Namun hingga beberpa menit awal seluruh serangan Kuwait tak ada yang benar-benar mengancam gawang Indonesia. Charis Yulianton dan Maman yang jadi pilar pertahanan pasukan Merah Putih tampil lugas menghalau bola-bola silang.

Kuwait nyaris membuka keunggulan saat laga masuk menit 22. Diawali umpan mendatar dari sisi kanan, bola yang sempat menyentuh beberapa kaki di kotak penalti Indonesia disambar seorang pemain tuan rumah. Bola yang sudah tak sampai dijangkau Markus tak masuk gawang karena membentur mistar.

Di menit 31 Indonesia mengkreasikan peluang pertamanya saat tendangan Ilham dari sudut sempit di sisi kanan masih bisa ditepis kiper. Semenit berselang Indonesia membuat kejutan dengan menjebol gawang tuan rumah lewat Bambang Pamungkas.

Dari tendangan sudut yang dilepaskan Ismed Sofyan, lompatan tinggi Bambang di tengah kotak penalti berhasil menjangkau bola. Si kulit bundar yang diarahkan ke sudut kanan atas gawang tak terjangkau kiper tuan rumah. 1-0 Indonesia unggul.

Di sisi babak pertama, tekanan Kuwait kembali menggedor pertahanan Indonesia. Namun hingga turun minum tak ada gol tercipta untuk kedua kubu.

Indonesia tampil lebih dominan di awal babak kedua. Sayangnya saat mulai terlihat mampu mengimbangi permainan lawan gawang Markus justru jebol lewat eksekusi penalti di menit 60.

Wasit menunjuk titik putih karena menganggap Ilham melanggar pemain Kuwait di kotak terlarang. Bader Al Mutawa yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan sempurna dan mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Terlecut dengan gol penyama, Kuwait makin menggencarkan serangan. Di sisi lain Indonesia selalu kesulitan menembus pertahanan lawannya. Umpan-umpan panjang yang sering diperagakan skuad besutan Benny Dollo banyak terbuang percuma, Bambang yang bertugas sendirian di depan selalu kewalahan mengejar bola yang sering tak jelas arahnya. Padahal Bepe juga harus berduel dengan dua sampai tiga pemain lawan yang setia membayanginya.

Bencana buat Indonesia datang empat menit sebelum bubaran saat Kuwait mencetak gol keduanya memanfaatkan ketidakdisiplinan pemain bertahan Merah Putih mengawal daerahnya. Tak dapat kawalan saat menusuk ke kotak penalti, Bader Al Mutawa melepaskan tendangan terarah ke tiang jauh yang tak kuasa dijangkau Markus.

Di masa injury time, Indonesia berpeluang samakan kedudukan saat kiper kuawait gagal menangkap bola dengan sempurna hasil tendangan bebas dari sisi kanan. Sepakan bambang memanfaatkan bola liar sepertinya akan masuk gawang, namun jala tak jadi bergeta karena bola dihentikan bek kuwait tepat di garis gawang.

Beberapa detik sebelum laga berakhir Kuwait justru nyaris memperbesar kedudukan saat Markus membiarkan bola melintas didepannya. Kiper plontos itu beruntung gol ketiga tak tercipta karena bola kembali membentur tiang gawang. ( din / arp )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s