Gol Bunuh Diri Batalkan Kemenangan Barca

Posted: Oktober 31, 2009 in Bola dunia, Liga Spanyol

Pamplona – Barcelona gagal meraih kemenangan dari lawatannya ke Osasuna. Unggul lebih dulu, kemenangan yang sudah di depan mata lenyap karena gol bunuh diri Gerard Pique di masa injury time.

Tambahan satu poin atas Osasuna membuat Barca kini punya koleksi 23 poin. Mereka unggul satu angka atas Real Madrid yang beberapa jam sebelumnya menang 2-0 atas Getafe.

Ini merupakan hasil imbang kedua The Catalans dalam tiga laga terakhirnya di Liga Spanyol setelah dua pekan lalu diimbangi Valencia 2-2.

Jalannya pertandingan

Barcelona tampil seperti yang sudah jadi kebiasaannya, dengan memimpin penguasaan bola. Namun hingga beberapa menit awal pertandingan terlewati mereka tak sekalipun bisa bikin peluang matang.

Pendukung tuan rumah barud dibuat berdebar-debar di menit 29 saat sepakan Zlatan Ibrahimovic menyambut tendangan sudut Xavi Hernandez berhasil diblok Josetxo. Bek Osasuna itu kembali melakukan penyelamatan saat dia menghalau sliding Carles Puyol yang berusaha melakukan rebound.

Dua menit berselang Ibra kembali punya kesempatan membawa Barcelona unggul. Diawali kesalahan Josetxo yang memberikan bola pada Messi, pesepakbola Argentina itu langsung melepas umpan ke rekannya yang asal Swedia itu. Kembali tembakan Ibra terhadang bek lawan, selain itu bendera offside juga sudah terangkat.

Banyak ditekan, Osasuna justru nyaris menyudahi babak pertama dalam posisi memimpin. Upaya Puyol memblok umpan yang dilepas Pandiani justru membuat bola jatuh ke kaki Aranda. Namun gol urung terjadi dari proses ini lantaran kapten Barcelona itu dengan cepat memblok sepakan Aranda.

Tak banyak perubahan terjadi di babak kedua dengan Barca masih memegang kendali. Namun lagi-lagi jalan buntu harus ditemui anak asuh Pep Guardiola karena sepakan keras Ibra yang menyambut umpan Erick Abidal bisa diredam kiper Ricardo.

Di menit 64 Barca nyaris kebobolan saat Pandiani mencoba menyongsong sebuah umpan tendangan bebas. Namun kembali gol urung tercipta karena Victor Valdez melayang di udara memetik bola.

Setelah sebuah peluang milik Ibra digagalkan lantaran dia ditekel dengan keras oleh Flano, Barca akhirnya membuka keunggulan di menit 72. Gol ini dicetak Seydou Keita.

Berawal dari serangan di sisi kiri yang digagas Ibra, bola sempat bertik-tak di kaki Andres Iniesta dan Erick Abidal sebelum sampai ke Lionel Messi. Oleh calon pemain terbaik dunia itu, bola dialihkan ke sayap kanan di mana Puyol berada. Umpan silang yang dilepaskan sang kapten menerobos di antara kaki Xavi dan disambar Keita untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Unggul satu gol Barcelona sedikit mengurangi tekanan, mereka makin sering memainkan bola berputar di tengah lapangan. Namun tetap saha ada peluang yang berhasil dikreasikan saat tendangan Puyol melayang jauh di atas mistar dan upaya Messi yang dihentikan kiper Ricardo.

Namun kemenangan yang sudah di depan mata tersebut sontak lenyap di menit ketiga masa injury time. Diawali kesalahan Rafael Marquez yang kehilangan bola, umpan silang yang dilepaskan pemain Osasuna membentur tubuh Gerard Pique dan bersarang di gawang Valdez.

Susunan Pemain

Osasuna: Ricardo, Josetxo, Miguel Flano,Nacho Monreal, Azpilicueta, Javad Nekounam, Francisco Puñal (Ruper ’78), Javier Camuñas, Francisco Juanfran (Jorge Anaut Galan ’83), Carlos Aranda (Masoud Shojaei ’71), Walter Pandiani

Barcelona: Víctor Valdés, Dmytro Chigrynskiy (Rafael Márquez ’61), Gerard Pique, Eric Abidal, Carles Puyol, Sergi Busquets, Seydou Keita, Xavi, Andrés Iniesta (Pedrito ’90), Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi ( din / mrp ) http://m.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s