Klub Masih Bermasalah dengan Lapangan

Posted: Oktober 26, 2009 in Aremania, Liga Indonesia, Persipura Mania

Jakarta – Masalah klasik tentang buruknya kualitas lapangan pertandingan kembali muncul di awal kompetisi Indonesian Super League musim ini. Masih banyak lapangan yang belum memenuhi syarat layak pakai.

Kurang dari sebulan ISL bergulir, PT Liga Indonesia telah melakukan evaluasi dan sedikitnya tiga tim dinilai buruk di sektor lapangan yaitu Stadion Pendidikan milik Persiwa Wamena, Stadion Kanjuruhan (Arema Malang) dan Stadion Surajaya (Persela Lamongan).

Salah satu keburukan tiga stadion itu adalah lapangan keras dan jenis rumput yang digunakan tidak bagus.

Terakhir, Stadion Andi Matalatta, Mattoanging, Makassar, yang menjadi markas PSM Makassar juga dinyatakan memprihatinkan.

“Di musim ini ada tiga klub yang bermasalah dengan lapangan, dan sudah bertambah satu lagi yaitu PSM Makassar dengan Stadion Mattoangin yang kondisi lapangannya buruk,” tandas CEO PT Liga, Joko Driyono, di kantornya, Kuningan, Jakarta, Selatan Senin (26/10/2009) sore WIB.

Buruknya kondisi lapangan itu sudah memakan korban cedera pemain termauk beberapa pilar tim nasional, misalnya Firman Utina saat klubnya, Pelita Jaya, berhadapan dengan Persela. Dua bintang Persipura Jayapura, Boaz  Solossa dan Ricardo Salampessy, juga cedera di Makssar.

“Akan kami peringatkan keempat klub tersebut. Kalau memang tidak ada perbaikan hingga jelang putaran kedua kompetisi, maka terpaksa mereka harus pindah alias menjadi musafir,” tegas Joko

“Liga pun menyarankan sebaiknya klub-klub tersebut tidak menggunakan stadion saat latihan dan perawatan untuk lapangan yang lebih intensif. Mudah-mudahan musim hujan yang akan tiba dapat membantu agar lapangan itu menjadi lebih baik.”

Meski kecewa pada kondisi lapangan stadion milik empat klub tersebut, namun tersimpan rasa puas Joko kepada satu klub yang sudah memperbaiki kondisi lapangannya, yaitu PSPS Pekanbaru. Klub promosi itu sebenarnya di awal musim ini sempat terancam tak bisa mengikuti ISL karena Stadion Kaharuddin Nasution, Rumbai, yang dijadikan homebase tak memenuhi syarat.

“Saya appreciate sekali kepada PSPS. Mereka melaksanakan tugasnya dengan baik dan sekarang lapangan di stadionnya sudah bagus,” demikian dia. ( a2s / key ) http://m.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s