Keita Tiga, Barca Gasak Zaragoza

Posted: Oktober 25, 2009 in Bola dunia, Liga Spanyol

Narayana Mahendra Prastya – detiksport


Barcelona – Barcelona kembali merebut klasemen sementara usai mencatat hasil meyakinkan yakni melipar Real Zaragoza 6-1. Bintang kemenangan Barca adalah Seydou Keita yang mencetak hattrick.

Barcelona menjamu Real Zaragoza di Camp Nou, Senin (26/10/2009) dinihari WIB. Bintang kemenangan Barca adalah gelandang Seydou Keita yang memborong separuh dari seluruh gol Azulgrana. Sedang sisanya diciptakan Zlatan Ibrahimovic dua gol dan Lionel Messi satu gol. Gol konsolasi Zaragoza diciptakan Jorge Lopez.

Kemenangan ini kembali bertahta ke puncak klasemen sementara dengan poin 22 unggul tiga angka atas Real Madrid.

Jalannya Pertandingan

Barca langsung tampil menekan begitu laga dibuka. Tiga peluang yang didapat Lionel Messi masih gaagl membuahkan skor. Dua digagalkan oleh kiper Zaragoza Juan Pablo Carrizo, sementara satu masih melenceng tipis dari sasaran.

Seperempat jam laga berljalan, Zaragoza mampu mencuri peluang. Setelah sukses mencuri bola dari Gerrard Pique, Javier Arizmendi selanjutnya melepas tembakan ke arah gawang Barca. Kiper Victor Valdes sukses menggagalkan upaya tim tamu.

Carrizzo kembali unjuk kebolehan dengan menghadang sepakan Ibra di menit ke-20.

Upaya Barca menemui hasil di menit ke-24. Menerima umpan silang dari Messi, Seydou Keita menanduk bola dan menggetarkan gawang Zaragoza.

Lima menit berselang Barca menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas Ibrahimovic.

Unggul dua gol belum membuat Barca mengendurkan tekanan. Menit ke-35 Azulgrana kembali merobek gawang Zaragoza. Namun gol yang ditorehkan Ibrahimovic ini dianulir akibat terlebih dahulu terjadi off side.

Empat menit menjelang jeda Keita menyarangkan gol keduanya. Gol ini diawali dari gebrakan Ibra dari sisi kanan pertahanan Zaragoza. Selanjutnya eks pemain Inter Milan itu melepas umpan silang mendatar ke kotak penalti yang disambut dengan sempurna oleh pemain Keita.

Delapan menit selepas restart, wasit kembali menganulir gol Ibrahimovic karena dinial telah terjadi off side.

Ibrahimovic akhirnya bisa mencetak gol keduanya di menit ke-55. Gol yang membawa Barca unggul 4-0 ini dibukukan pemain bernomor punggung sembilan itu usai menyambut umpan silang Keita dari sayap kiri.

Asyik menyerang, gawang Barca kebobolan di menit ke-78. Gol ini berawal dari sepakan Ewerthon yang sukses ditahan Valdes. Bola lalu jatuh ke kaki Miguel Angel Lafita yang selanjutnya menyodorkan si kulit bundar ke Jorge Lopez. Nama terakhir melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang merobek jala tuan rumah.

Azulgrana hanya butuh dua menit untuk merespon gol tersebut. Tendangan chip Messi yang meneruskan umpan Andres Iniesta mengubah skor menjadi 5-1.

Empat menit menjelang bubaran, Keita membukukan hattrick usai tandukannya yang menyambut sepak pojok Iniesta kembali merobek gawang Zaragoza.

Valencia Jejak Empat Besar

Sementara itu Valencia menjejak posisi keempat usai menaklukkan Almeria tiga gol tanpa balas. Bermain di markas lawan Stadion Juegos Mediterraneos, Valencia membuka skor di menit ke-54 melalui David Villa.

Kartu merah untuk kiper Diego Alves di menit ke-63 semakin membuat Los Ches di atas angin. Hasilnya dua gol tambahan bisa dilesakkan. Pablo Hernandez menambah skor di menit ke-74 dan Juan Mata mengunci kemenangan Valencia tiga menit sebelum bubaran.

Susunan Pemain

Barcelona: Valdés; Chigrynskiy, Pique (Marquez 73′), Maxwell, Puyol, Busquets, Keita, Xavi (Jefren 82′), Iniesta, Ibrahimovic (Bojan 72′), Messi

Real Zaragoza: Carrizo; Pavón, Amo, Paredes, Pulido, Gabi, Abel Tapias, Herrera (Songo’o 78′), López, Pennant (Lafita 60′), Arizmendi (Ewerthon 68′)

Almeria: Diego Alves; Acasiete, Chico, Domingo(Guilherme 45′) , Michel, M’bami (Uche 62′), Bernardello, Piatti (Esteban 64′), Soriano, Crusat, Ortiz

Valencia: Cesar; Angel Ibanez, Navarro, Bruno, Miguel (Alexis 65′), Banega (Maduro 51′), Albelda (Baraja 82′), Mata, Pablo, Villa, Silva
( nar / krs ) http://m.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s