EKSKLUSIF: Nugraha Besoes: Indonesia Paling Berpeluang Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Posted: Oktober 25, 2009 in Bola dunia, Liga Indonesia

Sekjen PSSI Nugraha Besoes optimistis dengan peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sekjen PSSI - Nugraha Besoes (GOAL.com / Dhedhe D.)Setelah Jepang dan Korea Selatan sempat menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia, Indonesia ingin menjadi negara Asia ketiga yang bisa menjadi host.

Hal ini disampaikan Sekjen PSSI Nugraha Besoes dalam wawancara eksklusif dengan John Duerden, editor untuk GOAL.com Asia beberapa waktu lalu. Di bawah ini adalah petikan wawancaranya.

Mengapa Anda memutuskan untuk hanya mengajukan satu permohonan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 dan bukannya 2018?

Kami memilih 2022 karena masih banyak untuk waktu untuk kami mempersiapkan diri dibanding tahun 2018. Masih 13 tahun lagi dan akan lebih baik bagi kami melakukan persiapan. Bukan hanya infrastruktur tapi kami juga harus mempersiapkan tim nasional kami. Kami ingin ambil bagian di Piala Dunia dengan tim nasional yang bagus dibandingkan tim lain.

Apakah ada kesempatan Piala Dunia 2022 akan dimainkan di sini?

Kami harus melakukan yang terbaik dan juga melakukan persiapan semampu kami. Kami harus tahu seberapa jauh kami bisa dibandingkan dengan yang lain yang lebih berkembang dari kami. Jika memang berhasil, kami akan menjadi negara Asia Tenggara pertama yang akan menggelar Piala Dunia. Kami adalah negara yang besar dengan populasi yang besar dan banyak sekali kemungkinan terbuka. Atmosfer sepakbola di Indonesia juga luar biasa. Sepp Blatter memberikan pidato pujian atas semangat Indonesia bersaing untuk 2022.

Jadi tema Piala Dunia Indonesia adalah Keinginan Besar?

Ya, kami memiliki keinginan itu. Penonton kompetisi sepakbola di negara kami merupakan yang tertinggi kedua di Asia setelah Jepang dan kami memiliki nilai sponshorship tertinggi kedua.

Apakah Indonesia merupakan kandidat terbaik Asia untuk 2022?

Jika Jepang dan Korea Selatan mundur, saya bisa mengatakan demikian. Jepang dan Korea sudah pernah merasakan mendapat kesempatan menjadi tuan rumah. Saya pikir FIFA tidak akan memberikan kepada mereka. Lalu kemudian ada Qatar. Saya rasa mereka tidak akan berhasil, jadi kamilah yang terkuat di Asia.

Bagaimana dengan Australia?

Australia banyak sekali memiliki ajang internasional, termasuk untuk wanita dan atlet junior. Kami tak memiliki ajang seperti itu di Indonesia.

Siapa yang akan memenangi hak tuan rumah 2018?

Saya harap negara Eropa, mungkin Inggris. Paling berpeluang Inggris. Maka negara Asia bisa mengambil jatah berikutnya.

Ada sejumlah bencana gempa bumi dalam beberapa waktu terakhir dan juga ada insiden teror bom di Jakarta di bulan Juli. Apakah hal semacam ini bisa merusak kesempatan Indonesia?

Hal semacam ini bisa terjadi di mana saja. Saya ada di Meksiko saat Piala Dunia 1986, tidak lama setelah mereka menderita karena gempa besar. Bahkan terorisme tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi faktor keamanan adalah prioritas utama untuk kami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s