Arsenal Diredam West Ham 2-2

Posted: Oktober 25, 2009 in Bola dunia, Liga Indonesia

Doni Wahyudi – detiksport
London – Arsenal gagal meraih hasil maksimal setelah sempat unggul dua gol dalam lawatannya ke West Ham United. Laga dua klub asal kota London itu berakhir sama kuat 2-2.

Di Upton Park, Senin (26/10/2009) dinihari WIB, Arsenal sepertinya akan melanjutkan rentetan kemenangan yang diraih setelah unggul lewat Robin Van Persie dan William Gallas di babak pertama. Namun The Hammers bangkit di paruh kedua lewat aksi Carlton Cole dan eksekusi penalti Alessandro Diamanti.

Imbang 2-2 ini mengakhiri rentetan kemenangan The Gunners yang pada empat laga Liga Inggris sebelumnya selalu dapat tiga poin. Sementara buat tuan rumah, hasil ini melanjutkan rentetan hasil buruk mereka yang tak pernah menang lagi sejak menundukkan Wolverhampton di pekan perdana.

Dengan satu poin didapat, anak asuh Arsene Wenger cuma naik satu anak tangga ke urutan tiga dengan nilai 19, sama dengan Tottenham Hotspur yang kemarin kalah di kandang. Sementara anak asuh Gianfranco Zola masih setia jadi penghuni papan bawah, duduk di urutan 19 dengan baru mengumpulkan enam angka.

Jalannya pertandingan

Arsenal sudah membuat peluang bikin gol saat laga baru berjalan dua menit saat umpan Alexandre Song Billong ke kotak penalti memicu lahirnya kemelut saat Van Persie berusaha melepaskan tendangan. Berusaha me-rebound sepakan pertamanya yang  melebar, tendangan tumit pesepakbola Belanda itu di tepi gawang kembali terhadang bek lawan.

Van Persie kembali jadi momok mengerikan saat tendangan yang dilepaskannya susah payah dihalau Robert Green di menit keempat. Tujuh menit berselang nama yang sama kembali mengancam lewat tendangan voli yang kali ini berhasil dihalau Matthew Upson.

Di menit 15 gawang West Ham akhirnya bobol juga oleh Van Persie. Menerima umpan silang dari sisi kanan yang dioper Bacary Sagna, Van Persie dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong setelah Green gagal mencegat bola di udara.

Lewat tandukan Carlton Cole di menit 33 West Ham nyaris menyamakan kedudukan. Namun bola tak mampu diarahkan tepat ke sasaran karena arahnya melayang tinggi ke atas mistar.

Empat menit berselang justru Gallas yang bisa bikin gol kedua The Gunners. Memenangi duel udara dalam posisi terjepit di antara dua pemain West Ham, tandukan Gallas  meneruskan umpan tendangan sudut Van Persie menerobos ke dalam gawang meski sempat menyentuh kepala seorang pemain The Hammers yang berdiri di garis gawang.

Di awal babak kedua, dominasi Arsenal atas saudara sekotanya itu masih terlihat. Sebuah tusukan Andriy Arshavin di menit 52 menandai awal serangan tim tamu.

Di menit 55 Zola melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Diamanti dan menarik Mark Noble. Strategi ini kemudian menjadi awal kebangkitan West Ham.

Diamanti memulai aksinya dengan melepaskan tendangan jarak jauh yang cuma luput tipis dari sasaran. Sementara Arsenal yang terus menyerang juga punya kans lainnya saat tendangan Cecs Fabregas melengkung tipis ke arah luar gawang saat Green terlihat tak mampu lagi menjangkaunya.

Penantian fans West Ham berakhir di menit 74 saat Cole mencetak gol untuk memperkecil kedudukan menjadi 1-2. Gol pertama West Ham tersebut berawal dari tendangan bebas Diamanti yang berhasil diblok kiper Vito Mannone, bola mental berhasil disikat Cole dengan tandukan kepalanya sambil menjatuhkan diri.

Gol tersebut membuat semangat pemain West Ham kembali menyala. Setelah sebuah klaim penalti menyusul pelanggaran Gallas terhadap Parker ditolak wasit di menit 79, sang pengadil akhirnya menunjuk titik putih di kotak penalti Arsenal semenit kemudian. Kali ini karena Song melanggar Cole.

Diamanti yang maju sebagai eksekutor melakukan tugasnya dengan sempurna. Bola yang dia arahkan ke sisi kanan tak sampai dijangkau kiper Mannone.

Lima menit sebelum bubaran West Ham terpaksa bermain dengan 10 orang setelah Parker dapat kartu kuning kedua. Namun dalam waktu yang singkat tersebut “Tim Gudang Peluru” tak mampu memanfaatkan keunggulan jumlah pemain. Skor akhir bertahan di angka 2-2. ( din / krs )
http://m.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s