Madrid Ditahan Gijon Tanpa Gol

Posted: Oktober 24, 2009 in Bola dunia, Liga Spanyol

Doni Wahyudi – detiksport


El Molinon – Cuma satu poin yang didapat Real Madrid di pekan delapan Liga Spanyol. Melawat ke Sporting Gijon, Los Merengues berhasil diredam dan dipaksa puas pulang dengan membawa skor 0-0.

Ini merupakan kali kedua secara beruntun Madrid dapat hasil tak memuaskan. Tengah pekan lalu anak asuh Manuel Pellegrini dapat kejutan pahit saat kalah 2-3 atas AC Milan di Liga Champions.

Secara keseluruhan performa Madrid di bulan Oktober bisa dibilang buruk. Dari empat laga yang dilalui mereka dua kali kalah, sekali imbang dan cuma sekali menang. Hasil 0-0 ini sekaligus jadi kegagalan pertama Madrid bikin gol di sepanjang musim ini.

Meski cuma dapat tambahan satu poin, Madrid berhak menggusur Barcelona dari puncak klasemen. Sama-sama punya poin 19, “Si Putih” unggul dalam selisih gol atas seteru abadinya itu. El Barca baru akan bertarung pada Senin (26/10/2009) dinihari menghadapi Real Zaragoza.

Jalannya Pertandingan

Berlaga di El Molinon, Minggu (25/10/2009) dinihari WIB, peluang pertama bikin gol datang dari pihak tuan rumah. Di menit enam, tendangan voli David Barral saat meneruskan bola hasil umpan silang masih melayang di atas gawang Iker Casillas.

Tekanan Gijon berlanjut di menit 11 saat umpan diagonal Luis Moran dibuang Pepe dan berujung tendangan sudut. Beberapa menit berselang bek Portugal itu membuat kesalahan saat umpan lemahnya berhasil dicuri pemain Gijon, Meregues beruntung tak ada gol tercipta dari proses tersebut.

Sebuah tendangan keras Kaka yang berhasil diredam oleh kiper Juan Pablo di menit 19 menjadi serangan pertama Madrid ke arah gawang. Dipasang sebagai tandem Raul Gonzalez di lini depan, Kaka kembali mengancam saat tendangannya terhadang bek Gijon, rebound yang coba dilakukan Esteban Granero gagal mengubah kedudukan.

Bola hasil tendangan sudut yang dilepas Granero dan jatuh ke tengah kotak penalti sempat menimbulkan kemelut di muak gawang. Raul yang mencoba memanfaatkan peluang tersebut gagal mengarahkan bola ke dalam gawang, sepakan top skorer Eropa itu masih melebar.

Tiga menit sebelum tutun minum Miguel de las Cuevas berpeluang membawa Gijon memimpin. Tapi upayanya mengarahkan bola ke tiag dekat bisa dibaca dengan baik oleh Casillas.

Memasuki babak kedua Madrid langsung menggebrak. Kaka kembali menjadi otak serangan tim tamu saat dia mengirim umpan matang pada Granero. Namun kegemilangan kiper Juan Pablo membuat usaha Granero tak membuahkan hasil apapun, padahal gelandang berpapor Spanyol itu tinggal berhadapan dengan gawang yang nyaris kosong.

Di menit 65 Juan Pablo kembali dapat tepuk tangan meriah dari fans Gijon setelah dia menjinakkan tendangan keras Kaka. Tandukan Guti meneruskan tendangan sudut sebagai lanjutan dari kejadian tersebut lagi-lagi mentah di tangan Juan Pablo.

Setelah mampu menguasai jalannya pertandingan, Madrid akhirnya bisa bikin gol di menit 78 atas nama Raul. Namun wasit langsung menganulir gol tersebut lantaran asisten wasit telah mengangkat bendera yang berarti striker 32 tahun itu sudah terjebak offside.

Di sisa waktu pertandingan Madrid terus menggedor pertahanan tuan rumah. Namun setelah tandukan Sergio Ramos di menit kedua masa injury time cuma melayang di atas mistar, skor akhir 0-0 akhirnya tak terhindarkan. Atas hasil ini, Madrid, yang tahun lalu menang 4-0 di tempat yang sama, naik ke puncak klasemen dengan hanya keunggulan selisih gol atas Barcelona.

Susunan pemain

Sporting Gijon: Juan Pablo Colinas, Arnolin Gregory, Alberto Botia, Roberto Canella, Alberto Ramos, Michel, Alberto Rivera, David Barral (Mate Bilic ’64), Miguel de las Cuevas (Gonzalez Carmelo ’75), Diego Castro Gimenez, Luis Moran (Ivan Soto ’81)

Real Madrid: Iker Casillas, Ezequiel Garay (Raúl Albiol ’65), Pepe, Marcelo, Sergio Ramos, Xabi Alonso (Rafael Van der Vaart ’77), Mahamadou Diarra, Raúl, Kaka, Royston Drenthe (Guti ’58), Esteban Granero ( din / roz )
http://m.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s